widgets
Untuk lebih Detil Klik >> Penawaran Produk dan Jasa

Sekilas Tentang Network Simulator Ns2

Tentang network Simulator 2
Komunitas internet merupakan komunitas jaringan komputer terbesar di seluruh dunia. ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mempelajari perilaku jaringaninternet salah satunya adalah membangun simulasi. salah satu perangkat lunak simulasi jaringan internet adalah LBNL network simulator atau lebih dikenal dengan NS-2 atau Ns. menggunakan Ns dapat meringankan pekerjaan dalam membangun simulasi tulisan ini bertujuan memberikan ide dasar membangun simulasi jaringan menggunakan Ns-2, disamping merupakan tempat menemukan informasi lebih lanjut tentang komponen jaringan NS
Sejarah Network Simulator
Network simulator (NS) petrama kali dibangun sebagai varian dari real network simulator pada tahun 1989 di UCB (University of California Berkeley) pada tahun 1995, sekelompok tim gabungan membangaun sebuah perangkat lunak simulasi jaringan internet untuk kepentingan riset interaksi antar protokol dalam kontespengembangan protokol internet pada saat itu maupun masa yang akan datang.
Kelebihan NS
Ns bersifat open source dibawah GPL (Gnu Public lisence) anda dapat mengdownload melalui website NS : http://www.isi.edu/ sifat open source ini mengakibatkan pengembangan Ns menjadi lebih dinamis,pemodelan media, protokol network component dan perilaku traffic yang lebih lengkap biladibandingkan dengan software simulator lainya.ini disebabkan Ns digunakan oleh banyak periset dunia bahkan mungkin anda sendiri.
Apa Saja yang Bisa Disimulasikan dengan NS
Network simulator Ns2 mengsimulasikan jaringan berbasis TCP/IP dengan berbagai macam media anda dapat mengsimulasikan protokol jaringan (TCP/UDP/RTP) traffik beheavior (FTP, telnet CBR,dll.)Queue management (RED),FIFO,CBQ) algoritma routing unicast (DSDV, Link State,) applikasi multimedia berupa layyer video,quality of Service,audio-video dan transcoding, Ns juga mengimplementasikan berberapa MAC (Medium Access Controler) seperti IEEE 802.11 WiFi, 802.16 WiMax diberbagai jkondisi jaringanmisalnya Point to Point,point to Molti Point dan celleluler, bahkan untuk media Satelite.

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapannya Gan..?